Sabtu, 08 November 2014

APA ITU MADU?



Madu berasal dari cairan manis (nectar) yang terdapat dalam bunga maupun ketiak daun yang dihisap lebah, madu mengandung berbagai vitamin dan mineral, madu mengandung asam folat yang cukup tinggi yang berfungsi untuk kecerdasan otak, manisnya madu bersumber dari gula buah (glucosa & fructosa), sehingga madu dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Madu dihasilkan dari 2 (dua) jenis lebah, yaitu madu yang dihasilkan dari
Lebah Liar dan madu yang dihasilkan dari Lebah Budidaya. Madu yang dihasilkan dari lebah liar berasal dari pohon yang berbatang tinggi dan warna madu yang dihasilkan cenderung berwarna pekat.
Sedangkan madu yang dihasilkan dari lebah budidaya berasal dari tanaman rendah seperti tanaman buah-buahan, maupun tanaman pertanian dan warna madu yang dihasilkan cenderung berwarna cerah.

Madu yang dihasilkan di negara-negara Asia
(Hutan Tropis) seperti misalnya madu yang berasal dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Philipina, Vietnam memiliki kecenderungan kadar air tinggi yang mengakibatkan madu meledak, madu berbusa, madu cepat berubah warna, dan berubah aroma. Sedangkan madu yang dihasilkan di negara-negara Eropa (Hutan sub tropis) kadar airnya cenderung rendah.

Madu di pasar Indonesia, memiliki nama berdasar nectar yang dihisap oleh lebah, misalnya Madu Bunga Rambutan, Madu Bunga Klengkeng, Madu Bunga Kopi, dan lain-lain.

Madu berdasar pengalaman konsumen memiliki beragam rasa, beragam aroma, beragam khasiat dan manfaat, sesuai jenis nectar yang dihisap lebah.

Sebaiknya tidak membandingkan madu asli dengan madu synthetic (madu palsu) dengan cara tradisional, misal madu asli tidak di kerubung semut, misal madu asli tidak mengkristal, misal madu asli tidak tembus apabila ditempatkan diatas koran, dan lain sebagainya, ini segera dihindarkan. Sebaiknya tes keaslian madu dengan membawanya ke
Laboratorium, dengan melihat kandungan yang ada dalam madu seperti kandungan sukrosa, glukosa, fruktosa, enzim diatase, aroma dan rasa.

Pada kenyataannya Madu Lebah juga ada yang mengkristal seperti madu yang dipanen dari perkebunan karet maupun perkebunan kaliandra, Madu Lebah pun tetap dikerubungi semut, namun akan sangat berbeda perlakuan perlakuan kristal yang bersumber dari madu lebah, dengan kristal yang berasal dari madu synthetic (madu palsu). Madu yang dihasilkan di negara-negara yang berhutan sub tropis ada kecenderungan madu mengkristal, seperti madu yang dihasilkan di daratan Eropa Barat maupun Eropa Timur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar